SILABUS
LATIHAN DASAR TEATER
Silabus Latihan
Dasar adalah rancangan kegiatan yang digunakan sebagai pedoman dasar bagi
setiap pelatih teater di YPP Adik Irma dalam mencapai tujuan yang diinginkan.
Latihan Dasar ini
hendaknya diikuti oleh setiap peserta Ekstra Kurikuler program teater, karena selain
diberikan pengetahuan dasar tentang berteater juga sebagai ajang pengasahan
bakat dan kemampuan berkesenian siswa.
Silabus Latihan
Dasar ini disusun atas dasar tuntutan kurang adanya suatu pegangan yang dapat
dijadikan sebagai acuan bagi setiap pelatih teater di YPP Adik Irma Jakarta
yang disusun secara sederhana dengan harapan mudah diterapkan.
1. TUJUAN
1.1
Tujuan
Umum
-
Mendorong terciptanya insan
yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa melalui pendekatan seni
dan budaya.
-
Mengenalkan lebih dalam dunia
seni dan budaya khususnya seni teater.
-
Mendorong terciptanya insan
yang peduli dan bersikap apresiatif terhadap kesenian.
1.2
Tujuan
Khusus
-
Memupuk
rasa percaya diri siswa secara positif
-
Memupuk
semangat berkarya dan kreatifitas siswa dalam kesenian
-
Mempupuk
rasa kebersamaan antar siswa dan rasa cinta terhadap almamater (SD Adik Irma)
2. MATERI LATIHAN DASAR
2.1. Mengenal dasar
teater
- Monolog.
(siswa
didorong untuk berani menceritakan apa yang dialami, difikirkan atau
dikhayalkan)
- Dialog
(siswa
didorong untuk bisa merespon dengan wajar apa yang dilakukan teman
mainnya)
2.2. Mengenal tubuh
- Mimik
(siswa
dilatih untuk bisa berekspresi dengan wajar baik dalam bertutur atau merespon
si penutur)
- Stilasi
(siswa
dilatih untuk bisa bergerak dengan wajar dan lentur untuk mendukung
ekspresinya)
- Intonasi
(siswa
dilatih untuk bisa bertutur dengan lafal yang jelas agar apa yang diucapkan
dapat diterima penonton dengan baik)
2.3. Mengenal media
- Make up
(siswa dilatih agar bisa merias secara sederhana)
- Kostum
(siswa
dilatih agar kreatif dalam memilih busana yang akan dikenakannya atau temannya)
- Musik
(secara
sederhana, siswa dirangsang kreatifitasnya dalam mempergunakan media apa saja
sebagai musik pendukung)
- Skenario
Siswa
dilatih kreatifitasnya untuk membuat sendiri secara sederhana jalan cerita yang
ingin dimainkannya
3. METODA LATIHAN
Guna
pencapaian tujuan yang lebih optimal, latihan dilaksanakan dengan metoda
bermain sambil belajar.
Waktu latihan hari Sabtu
jam 13.00 s.d. 15.00 WIB
Bertempat di Aula/ ruangan
yang cukup besar.
4. EVALUASI
Untuk melihat sejauh mana progres yang
telah dicapai maka diadakan pementasan tiga bulan sekali.
5. PENUTUP
Demikianlah, Silabus Latihan Dasar ini disusun dengan segala
keterbatasan dan kekurangan, oleh karena itu kami mengharapkan saran dan
kritikan demi berkembangnya kesenian di YPP. Adik Irma.
Akhir kata, semoga kita dapat memanfaatkan dan merealisasikan Silabus
ini. Untuk itu, dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan.
Boike Mulyanto, SS
Kurikulum
Latihan tiga bulan pertama
No
|
Uraian/Materi
|
Waktu
|
Kegiatan
Siswa
|
Keterangan
|
|
1
|
Pengenalan
teater. Madas
|
Bulan Pertama
|
M-1
|
Menyimak
& mengikuti madas
|
|
2
|
Madas.
Belajar dasar monolog (dengan mimik)
|
M-2
|
Siswa
mendongeng singkat atau menceritakan pengalaman unik dg singkat &
sederhana.
|
Pelatih memberi contoh
|
|
3
|
Madas.
Belajar mengalami sesuatu secara imajiner
|
M-3
|
Satu
persatu siswa maju me-meragakan jika dikejar tawon dsb.
|
Materi adegan dari pelatih
|
|
4
|
Madas.
Belajar adegan secara sederhana.
|
M-4
|
Dibagi
kelompok, maju per klompok untuk memperagakan kejadian spt. Pencuri &
polisi, dsb.
|
||
5
|
Madas
dengan berpuisi. Belajar mengalami sesuatu secara imajiner
|
Bulan Kedua
|
M-1
|
Satu
persatu siswa maju berpuisi. Kemudian memeragakan jika dikejar sesuatu.
|
Materi puisi & adegan
dari pelatih
|
6
|
Madas.
Bermain dengan imajinasi bentuk. Pengenalan naskah.
|
M-2
|
Berimajinasi
memegang bola, dilempar ke temannya dst. Naskah dibagikan. diminta dibaca di
rumah.
|
Pelatih membaca naskah
|
|
7
|
Madas.
Belajar mengalami sesuatu secara imajiner. Membaca naskah
|
M-3
|
Siswa
memeragakan jika.... (adegan disesuaikan dengan peristiwa pada naskah)
|
Metode bermain
|
|
8
|
Madas.
Beradegan sesuai naskah. Pembagian peran.
|
M-4
|
Siswa
mulai latihan dengan naskah. Lalu mencatat properti yang dimiliki.
|
Siswa membawa kostum /
properti dr rumah.
Musik dikonsepkan.
|
|
9
|
Madas.
Latihan dengan naskah.
|
Bulan Ketiga
|
M-1
|
Siswa
mulai belajar menghafal naskah.
|
|
10
|
Madas.
Belajar lepas naskah. Sosialisasi musik
|
M-2
|
Siswa
mulai belajar menghafal naskah ditambah teknik penjiwaan
|
||
11
|
Latihan
dg lepas naskah. Singkronisasi musik
|
M-3
|
Siswa
belajar menyesuailkan adegan dengan musik, properti & panggung.
|
||
12
|
Gladi
resik
|
M-4
|
Siswa
berlaku seolah mentas sungguhan
|
Tempat aula
|
|
Pementasan drama 1 babak.
Tempat di Aula.
|
|||||
Evaluasi. Siswa mendapat
sertifikat pementasan. Sertifikat tsb disiapkan pelatih.
|
Keterangan
Madas = Materi dasar : Olah
Tubuh & Olah Vokal (mimik, stilasi & intonasi)
Materi
olah tubuh: peregangan, senam, lompat-lompat, jurus silat dsb.
Materi
olah vokal: AIUEO, AIUEOe, (cepat, lambat, keras & pelan), kosakata game,
olah muka,dsb.
Porsi
madas (10 – 15 menit) & pemilihan materi disesuaikan dengan kondisi siswa
·
Dari No. 9 sampai
pementasan, pelatih membawa asisten untuk membantu menyiapkan musik, properti
& tata rias. Namun, tidak tertutup kemungkinan asisten mengikuti sesi
latihan pada minggu-minggu sebelumnya.
·
Rencana pementasan pada minggu
pertama atau kedua bulan November. Tema kepahlawanan, memperingati hari
pahlawan.
·
Pementasan diadakan
sesederhana mungkin, dengan rancangan yang minimalis, karena tujuan awalnya
adalah untuk memupuk rasa percaya diri siswa, memupuk semangat berkarya dan
berkreasi siswa serta mempupuk rasa kebersamaan.
·
Demi terrealisasinya tujuan
tersebut, bantuan dan dukungan dari berbagai pihak sangat diharapkan.
Boike Mulyanto, SS
No.
|
Uraian
|
Waktu
|
Tarian
|
Iringan lagu
|
Keterangan
|
01
|
Tingkat
Dasar 1 dan 2
|
3 bl
|
Soder
Pangraeh
Rendeng Bojong
|
Sulanjana
Banda
Urang
|
Dievaluasi
dan mendapat sertifikat
|
02.
|
Tingkat
lanjutan 1 dan 2
|
3 bl
|
Keser Bojong
Ibing
Pangdeudeuh
|
Daun Pulus
Daun Puring
|
Dievaluasi
dan mendapat sertifikat
|
03.
|
Tingkat Mahir 1 dan
2
|
3 bl
|
Laras Kiwari
Rengkak Manis
|
Seunggah
Nineung
|
Dievaluasi
dan mendapat sertifikat
|
04.
|
Tingkat pengembangan
|
3 bl
|
Putri Gandrung Geungeut Nu Asih
|
Geter
Kulu – Kulu
|
Dievaluasi
dan mendapat sertifikat
Asisten Pelatih
|
05.
|
Tingkat penataan Gerak
/ Tari 1 dan 2
|
3 bl
|
Ciptakan
tarian sendiri (karya tari)
|
---
|
Evaluasi
akhir
Asisten
pelatih dan tim juri.
|
Dalam program pengembangan ini para
siswa akan diberikan pelajaran
tarian yang diminati sesuai dengan karakter
jiwanya. Adapun tarian yang dapat diberikan ialah tari seluruh Nusantara
antara lain sebagai berikut :
·
Tari
Sunda Klasik
·
Tari
Sunda Kreasi Klasik
·
Tari
Jawa Timur
·
Tari
Bali
·
Tari
Betawi
·
Tari
Minang
·
Tari
Aceh dan lain – lain
·
Tari
Modern
Tidak ada komentar:
Posting Komentar